arso37's Blog

Home » Uncategorized » Perbaikan TV Samsung LCD 32″

Perbaikan TV Samsung LCD 32″

Categories

Ketika listrik mati dan tegangan PLN drop segera lapor ke PLN guna segera diperbaiki. Dan alhamdulillah dlm waktu 3jam PLN kembali normal. Namun ketika menyalakan TV ternyata tidak bisa sama sekali alias mati total.

Berbekal peralatan solder, AVO meter dan toolkit elektronika saya mencoba membuka casing dan ternyata didalam PCB banyak sekali semut merah kecil yang berada dikaki IC dan komponen lainnya. Setelah di vacuum cleaner dan di lakukan pengecekan ternyata fuse 2A putus. Stlh dicoba ganti ternyata masih jg putus yg berarti ada komponen short. Stlh diperiksa lebih teliti terdapat IC ICE3BR0665J rusak dengan fisik terbakar akibat short semut tersebut.

Kemudian menghubungi service center samsung dan diperkirakan biaya perbaikan Rp. 470 ribu rupiah.. (Wooww mahal bangett untuk sebuah IC). Karena mahal itulah berusaha mencari sendiri komponen tersebut. Namun setelah mencari ke toko komponen dan di internet ternyata tidak dapat menemukannya kecuali melalui digi-key.com (USA) dengan harga $3.3 (murah nih hanya 30ribu-an) namun ternyata ongkos kirimnya $75 gleekk.. Sepertinya komponen tersebut memang tidak dijual bebas melainkan harus melalui agen samsung di korea. (Kalau beli di korea murah ga yaa??).

Akhirnya dengan sangat terpaksa kembali lagi ke service center samsung dan setelah seminggu kemudian selesai dengan membayar Rp. 470ribu. Menurut saya itu harga yang cukup mahal untuk sebuah perbaikan komponen. Tapi alhamdulillah sudah bisa dioperasikan kembali….

UPG, Jan ’13


Leave a comment